• Breaking News

    belajar membuat kita cerdas, berbisnis membuat kita kaya

    Senin, 16 Januari 2017

    Memanfaatkan Youtube dalam Pembelajaran


    Halo teman-teman guru, apa khabar? Apakah siswa Anda sudah tertarik mengikuti pembelajaran yang Anda lakukan? Atau mereka sangat boring sehingga mata dan pikiran mereka tidak ada di kelas dan pelajaran dan bahkan mereka rame atau pada tidur? Jika yang terjadi demikian  berarti pembelajaran yang kita lakukan ada masalah. Kita sering dibuat jengkel oleh anak-anak yang tidak memperhatikan saat kita memberi pelajaran dan kita bahkan sering memfonis mereka bodoh, malas dan sebagainya. Kata para pakar pendidikan, sebenarnya tidak ada lho anak yang bodoh, malas dan sebagainya. Yang ada anak yang dipaksa mengikuti cara gurunya mengajar; entah cara mengajarnya menarik minat anak atau tidak, entah cara mengajar guru memfasilitasi gaya belajar anak atau tidak yang penting datang ke kelas dan mengajar titik.

    Jika itu yang terjadi, maka kita sebagai guru perlu instrospeksi diri,ingat bahwa setiap individu itu unik.Lantas bagaimana solusinya supaya pembelajaran kita jadi menarik? Berdasarkan penelitian ada banyak cara untuk memotivasi dan mengaktifkan siswa supaya pembelajaran jadi menarik. Salah satunya memanfaatkan salah satu teknologi yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang yaitu memanfaatkan internet dan YouTube. Saat ini You Tube  merupakan situs video terbesar dan paling populer di dunia internet. Penggunanya tersebar di seluruh dunia dari berbagai kalangan usia, baik anak-anak sampai dewasa. YouTube digunakan untuk berbagai hal antara lain mengupload video, search video, menonton video, diskusi/tanya jawab tentang video dan sekaligus berbagi klip video secara gratis. Setiap hari ada jutaan orang yang mengakses youtube sehingga tidak salah jika YouTube sangat potensial untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran.

    Tujuan memanfaatkan You Tube dalam pembelajaran adalah untuk menciptakan kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik,memotivasi, menyenangkan dan interaktif sehingga pembelajaran jadi mengairahkan. Lebih-lebih videonya diawali dengan yang lucu-lucu, memotivasi, menantang dan mengispirasi, maka siswa tidak akan ada yang tidur, pasti memperhatikan semua. Nah setelah perhatian anak tercurah pada  Video baru pembelajarannya menjadi interaktif. Penggunaan video You tube dapat dilakukan di kelas, di rumah atau di mana saja baik oleh siswa maupun guru jika menginginkannya, baik secara online maupun offline.

    Keunggulan menggunakan youtube  dalam pembelajaran antara lain karena :
    1.    merupakan situs yang paling poluper di dunia internet saat ini yang mampu memberikan edit value terhadap education/pendidikan.
    2.    mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan termasuk siswa dan guru.
    3.    memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan, teknologi, kebudayaan, dll
    4.    memfasilitasi kita untuk berdiskusi ataupun melakukan tanya jawab bahkan mereview sebuah video pembelajaran.
    5.    memiliki fasilitas link HTML, Embed kode video pembelajaran yang dapat di sheare di jejaring sosial seperti facebook, twitter dan juga blog/website.
    6.    gratis untuk semua kalangan.

    Dengan keunggulan tersebut maka langkah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menggunakan Youtube dengan cara 
    1.mengintegrasikan youtube dengan media lain seperti blog atau website 2.menugaskan siswa melakukan diskusi online
    3. mengupload konten video dan menjadikannyabahan pembelajaran mobile learning
    4 mengembangkan komunitas belajar melalui youtube dengan siswa dan guru
    Dengan demikian maka kreativitas siswa dalam pembuatan video akan bertumbuhkembang
     
    Selain itu saat ini youtube juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari video yang dibuat siswa maupun guru dengan cara menguploadnya ke Youtube. Dengan demikian berarti dengan kita belajar memanfaatkan youtube banyak keuntungan yang akan kita peroleh. Antara lain mengembangkan kreativitas, berbagi dan sekaligus keuntungan finanlsial.

    Lantas bagaimana caranya supaya kita dapat menghasilkan uang dari video kita di Youtube

    Untuk itu kita perlu mempelajarinya di
    dan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Ebooks Baru

    Ebooks Sains dan Matematika

    Ebooks Sosial